Ringkasan Materi Kultum dan Nasehat

Belajar Agama Islam Dengan Mudah Karena Islam itu Mudah

Adakah Yang Lebih Penting dari Pada Sedekah Saudara ?

Ternyata ada yang lebih penting daripada sedekah. Apa itu? Zakat. Maksudnya, zakat harta lho, bukan sekadar zakat fitrah! Ingat, sedekah itu sunnah, sementara zakat itu wajib dan salah satu Rukun Islam. Untuk jelasnya soal ini, silakan lihat tafsir atau tanyakan kepada pengelola zakat terdekat.

Pesan Nabi, ”Bila engkau mempunyai 200 dirham dan sudah mencapai waktu setahun, maka zakatnya adalah 5 dirham.” Dengan kata lain, 1/40 atau 2,5%. Hadist-hadist lain juga menunjukkan demikian. Di Al-Qur’an, kadang kata ‘zakat’ ditulis sebagai ‘sedekah’ atau ‘harta yang dinafkahkan di jalan Allah’. Sekali lagi, silakan lihat tafsir atau tanyakan kepada pengelola zakat terdekat.

Ada yang berkilah, “Lho, selama ini saya sering bersedekah. Kalau hitung-hitung, lebih dari 2,5 persen. Gimana tuh?” Begini. Sedekah yang Anda keluarkan tentu telah Anda niatkan sebagai sedekah. Lha, mana bisa dikonversi menjadi zakat. Itu sama saja Anda mengubah niat sholat sunnah menjadi sholat wajib, padahal sholatnya telah berlalu.

Hati-hati, apabila pendapatan bulanan Anda minimal sekitar Rp 2 juta, apabila sudah cukup satu tahun Hijriah, ternyata zakat tidak juga Anda keluarkan, yah lihat saja, pasti Dia akan ‘mengambilnya secara paksa’. Mungkin barang Anda hilang. Mungkin keluarga Anda kena musibah. Mungkin anak Anda sakit. Mungkin usaha Anda rugi. Mungkin Anda gagal naik pangkat. Dan ‘mungkin-mungkin’ yang lain. Intinya, keluarkan zakat Anda setiap tahun atau Dia ‘mengambilnya secara paksa’.

Malah ulama berpendapat, karena di Al-Qur’an perintah zakat hampir selalu dirangkai dengan perintah sholat, maka artinya: tidak diterima zakat kita, apabila kita tidak sholat. Begitu pula sebaliknya. TIDAK DITERIMA SHOLAT KITA, APABILA KITA TIDAK BERZAKAT !!! Kaget? Yah, tidak perlu. Karena sebenarnya zakat memang termasuk dalam Rukun Islam, layaknya sholat dan puasa. Dan saran saya, segerakan, supaya segera juga ganti dari-Nya. Apalagi tahun Hijriah 1430 akan berlalu beberapa hari lagi. Sip?

Filed under: Cerita Motivasi, , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: