Ringkasan Materi Kultum dan Nasehat

Belajar Agama Islam Dengan Mudah Karena Islam itu Mudah

Untukmu Calon Bapak

Sore kemarin, saya liat wajah anak saya agak mendung. “Kenapa dek?” Oh, ternyata cincin plastiknya diambil oleh ustadzahnya. Saya tanya kembali, kenapa diambil? Dia menjawab bahwa ketika di kelas, dia malah mainan cincin plastiknya itu.

Memang ahad lalu dia membeli cincin plastik yang lucu untuk dia dan adiknya. Saking senengnya, ia bawa cincin itu kemana mana. Adiknya juga sangat senang dengan dua cincin itu. Warnanya biru, dan merah.

Hari itu anakku belajar bersedih. Ia mulai mengenal perasaan sedih, tapi ia mencoba menahan tangisnya. Subhanallah, saya liat wajahnya sayu. Seperti orang dewasa yang sedang kehilangan sesuatu yang sangat dia cintai. Saya sempet berpikir, ustadzahnya kok tega banget ya?

Tapi saya coba hibur dia sepanjang perjalanan pulang. Saya pengen membelikan cincin plastik lagi untuknnya. Tapi nampaknya langit Solo saat itu juga ikutan mendung. Akhirnya kita berdua hanya mampir di sebuah toko roti saja. Saya lihat wajahnya sedikit ceria, saat ia melihat toko roti favoritnya.

Saudaraku, kadang memang kita menemukan hal-hal kecil yang mungkin terkesan biasa. Anak kecil yang sedih, itu mungkin biasa saja. Ada yang mensikapinya dengan bentakan. “Jangan cengeng! Gitu aja sedih!” Tapi, bukankah lebih baik kalau kita membiarkan dia belajar mengapresiasi perasaannya? Menyelami rasa sedihnya, agar dia tahu bagaimana cara mengelola kesedihan itu? Sekaligus ini kesempatan bagi orang dewasa di sekitar dia agar mau belajar, bagaimana menghibur anak kecil yang sedih bersedih. Alhamdulillah…

by burhanshodiq

Filed under: Cerita Islam, ,

One Response

  1. Dee says:

    Nulis lagi mas. Judulnya “Calon Bapak dari anak-anakmu kelak”😀

Leave a Reply

