Ringkasan Materi Kultum dan Nasehat

Belajar Agama Islam Dengan Mudah Karena Islam itu Mudah

Ramadhan Akan Meninggalkan Kita

Saudara.. sudah sekian lama kita yang masih diberi kesempatan untuk merasakan nikmatnya Ramadhan dari tahun ke tahun apakah masih membekas di hati Anda ? Dibulan Ramadhan kali ini apakah hati Anda merasakan manisnya dan nikmatnya keimanan ? Tahukan Anda Ramadhan akan meninggalkan kita …😦

Burhan shadiq pun pernah berkata kepada saya😀

Duhai diri, sekarang ramadhan sudah akan beranjak pergi. Lebih dari separuh perjalanan bulan suci ini telah berlepas dari kita. Aku hanya ingin bertanya sama kamu, sudah apa saja kamu sampai detik ini. Aku denger dirimu sedang sibuk dengan proyek terbarumu yang bermiliyaran rupiah itu. Atau malah aku dengar kamu sedang sibuk dengan kesibukan barumu yang menyita hampir seluruh hidupmu.

Bagaimana dengan ibadahmu? Sudah berapa kali kamu khatam Al Quran, atau kamu hanya membaca beberapa juz saja di bulan ini. Kerongkonganmu kering dari ayat ayat ilahi. Lisanmu tak pernah basah dari lantunan ayat suci Qurani. Lalu kemanakah statemen cinta yang selama kamu elu-elukan di hati. DImanakah target-target yang dulu kamu janjikan pada diri sendiri.

Duhai diri, bagaimana dengan shalat kamu hingga detik ini. Ingatkah engkau bahwa kamu berjanji akan tahajud setiap malam. Menangis, merintih mencari pertolongan Rabb Semesta Alam. Bersimpuh dengan tobat seluruh, badan, jiwa dan hati untuk segera kembali. Tapi diri, lihatlah dirimu kini. Ternyata malam-malammu hidup dengan televisi. Dari lawak, sepakbola, grand prix moto gp hingga obrolan basi tokoh-tokoh politisi. Detikmu berlalu semu. Kesempatanmu terbuang bisu. Tak ada manis lembut hidayah Allah untukmu. Terbuang percuma dengan gelak tawa dan canda tiada guna. Apakah di bulan suci ini kamu sedang bersedih, sehingga harus tertawa setiap detik. Atau justru tertawa yang berlebihan itu bisa membuat hatimu keras, sekeras batu karang tak mempan oleh hidayah AR Rahman.

Duhai diri, bagaimana dengan infak, sedekah dan kebaikan-kebaikanmu. Apakah selama Ramadhan ini kamu sudah melakukan itu semua? Ataukah kamu menyimpan hartamu rapat-rapat. Kamu kunci di tempat yang aman. Tak ada yang tahu kecuali kamu dan Rabbmu. Kamu takut hartamu berkurang meski hanya beberapa puluh ribu. Kamu ingin membawanya mati bersama kamu. Harta yang selama ini kamu cari setengah mati, tak mungkin begitu saja engkau beri kepada orang-orang yang berhak kau kasihi. Betapa kerdilnya hati ini, betapa sempitnya keinginan ini. Harta itu tidak akan beranak, tidak pula berkembang biak. Tapi kecintaanmu padanya, membuatnya harta itu menjadi tidak berkah lagi. Kenapa tidak kau sedekahkan hartamu di bulan suci ini. Sehingga Allah, Rasul dan orang-orang beriman akan melihat amal-amalmu.

Duhai diri, belum terlambat untuk berubah. Segeralah berbenah. Masuklah dalam pelukan Allah, dan nikmatilah sajian Ramadhan di tahun ini. Masih ada beberapa hari yang tersisa. Penuhi masjid-masjid tempat kamu bersujud, mencium hikmah dan rahmat Allah Ta’ala. Kobarkan semangatmu, gigihkan hatimu untuk melantunkan bait bait kitab suci itu. Dekatkan hatimu dan pintalah ampunan dengan segala pinta yang bisa kamu lakukan. Duhai diri, semoga di bulan ini, engkau tidak lagi merugi seperti tahun-tahun lalu. Karena ridho Allah yang ingin digapai, ampunan Allah yang ingin dituju, dan kebahagian dunia akhirat yang dijanjikan untuk hamba-hambaNya yang beriman dan beramal shalih…

Filed under: Materi Kultum, , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: